Wednesday, June 18, 2014

Bukan "Tempat Sampah" Biasa

"Tempat sampah". Yaa kira kira gitulah ungkapannya. Ketika kamu menjadi tempat curhat semua orang yang lagi ingin didengarkan , ingin dimintai pemikiran dari sisi kita.

Jadi ceritanya , kemaren gue tersentuh sama suatu keadaan. Keadaan dimana gue gatau harus bagaimana , gatau harus ngapain , dan bener-bener blank serba salah.

Gue gamau ceritain saat gue SBMPTN. Cukuplah sudah itu -__-

Jadi habis gue SBMPTN , gue main kerumah temen satu ekskul gue. Disitu tuh lagi pada ngumpul bareng adek-adek kelas gue yg satu ekskul juga. Ceritanya , adek-adek itu buat kegiatan gitulah dirumah temen gue itu buat "pendekatan" antara senior dan juniornya yang selama ini pada "krik-krik"an.


Gue cuma mau numpang main ajasih xD

Sampe dirumah temen gue itu... Ternyata yg bawa alat-alatnya (salah satu senior) ga dateng karna sakit. Trus yg senior yg dateng cuma 3, juniornya yg datang 4 orang. pffft-___- Gue duduk. Gatau mau ngobrol apaan. Alhasil gue mulai buka pembicaraan sama yg seniornya dulu. Trus kadang gue ngobrol sama adek adeknya , nanya nanyalah dikit. Habis gue emang orgnya rada susah mulai ngomong duluan -_-

Krik deh pokoknya

Trus akhirnya gue sadar... temen gue yg punya rumah ini mukanya mulai ngga enak. Mulai ngambek.

Habis makan siang , adek-adek itu pulang. Selama makan siang temen gue yg tuan rumah itu mendep dikamar. Ngakunya tidur. Alhasil gue bertiga doang diruang tamu. Sampai adeknya temen gue itu keluar dari kamar trus ngomong ke kami

si adek: "Kak.. Si kakak nangis tuh dikamar. Dia marah sama kalian. Soalnya kalian ngomong sendiri sendiri, cuekin adek adeknya , jadinya adek adek itu gak betah"
aku: .......

Gue gatau harus gimana. Ya gue bisa pilih sih sebenernya kemarin itu, mau langsung pamitan sama ibunya buat pulang , atau masuk minta maaf trus yaa begitulah kalau cewe lagi emosi gimana. Tapi gue yaa gamau pulang cuekin masalah sih , karna ya bakalan ngelanjut lagi pasti marahnya. Jadi gue milih masuk ke kamar temen gue itu, ngga kayak temen gue yang lain...

Gue masuk. Disitu ada ibunya trus adeknya lagi tenangin temen gue itu. Trus ibunya sama si adek itu keluar ninggalin. Gue udah rada capek juga sih jadi tempat curhat , masalah gue aja gabisa selesai juga mau sok sok nasehatin orang. Tapi... tetep gak tega liat orang lain yg bebannya lagi berat banget. Jadi gue milih ngomong.

"Km marah sama gue? Gue minta maaf deh. Udah jangan nangis"
"Ngobrol aja teruus kalian. Abaikan aja terus adek adek itu"
"Bukan gituu.."
"Kalo gitu kapan bisanya kita tuh deket sama juniornya?"
....
....
"..... Kalo ini masalah ekskul lagi, lo cerita dong ke ketuanya. Atau ke kami semua. Biar lo gak nanggung beban sendiri , gak pusing sendiri"
"Aku gak mau bebanin dia.. Taulah dia sibuk ini sibuk itu. Dia aja nyuruh kami yg jalanin kegiatan segala macam. Padahal pas ngejalanin yaa masalahnya gitu"
"Sesibuk apapun ketuanya ketua itu harus tau keadaan dilapangannya gimana. Itu udah resiko sih , sesibuk apapun mau dia lomba ini lomba itu dia pasti mau gak mau bakalan mikirin. Karna emang yaa udah begitu:
..... (gue capek ngetiknya. Seriusan. Ketika seseorang menceritakan beban dia waktu sejam itu gabakal cukup)

Karna gue ngerasa kalo temen gue itu butuh waktu sendiri, gue mutusin buat keluar. Prepare mau pulang. Gak lama kemudian si adek itu yg keluar.

si adek: "Kak, bang , si kakak mau ngomong"
aku: *masuk kamar* "Lo mau ngomong? Yuk buruan"
temen gue: "Percuma diomongin. Gabakal selesai"
"Masalah itu gak bakal selesai kalo lo cuma nangis gak bicara"
"Lihat aja sekarang. Gak peduli kan? Gak mau mikirin kan? Percuma diomongin"
"...... Bener nih gamau ngomong?"
"Ngomong apalagi? -_-"
si adek: "Yaudah. Kakak mah gitu, nangis doang kerjaannya. Adek ajalah yg ngomong ke mereka"
*keluar dari kamar*
"Kakak kakak , kata kakak kakak udah maafin, tapi jangan diulangin lagi ya"
gue: "Yaudah. Kami pamit yaa"
temen gue: "Iyaa iyaa. Aku keluar"
*Nganterin kami sampe depan, dengan penuh keheningan*

Trus kami mampir bentar ke warung deket sana. Pas jalan lagi kearah gerbang keluar, tau tau temen gue itu lari dari arah gerbang itu , sambil nangis , sambil teriak "Kak Gita..."

Kok anak itu tau tau udah didepan ya? Hm

Pas nyampe dia langsung meluk gue, sambil nangis dan badan bergetar dia bilang "Kak maafin aku...."
Trus salam-salaman. Trus mukul tangan gue mukul temen gue satu lagi habis habisan. Sakit men pukulan cewe emosi, sumpah -__-

Dari situ gue banyak banget dapat pelajaran. Yaa saat gue panik, gue mau nanya sebenernya sama orang yg biasanya jadi tempat gue nanya kalo gue lagi bener-bener panik. Pas pulang gue juga sebenernya mau ceritaa semua yg gue alamin. Tapi... yasudahlah. Inget perjanjian :)
Eh apasih -_-

Jadi yg gue pelajarin:

  • Disaat lo sendiri lagi banyak masalah, disaat lo ngerasa Tuhan itu gak adil ngasih lo beban segitu beratnya, lo harus inget. Tuhan itu gak menutup mata sama yang lo alamin. Bahkan Tuhan masih buat lo jadi berkat buat orang lain.
  • Jangan ngambil kesimpulan segala sesuatu hanya lihat dari satu sisi. Tiba-tiba gue keinget pesen ini , yang selalu terngiang-ngiang dikepala gue. Kalo lo belum tau sebenernya , alias yaa cuma kata "mungkin" yang selalu terucap dari lo , lo jangan langsung berkesimpulan demikian. Toh siapa bilang kalo itu bener? bisa aja salah.
  • Sifat orang itu gabisa diubah. "Emang orangnya begitu, ya mau gmana". Itu kata kata yang terngiang-ngiang yang gue selalu denger , tapi gue baru ngeh saat itu. Bukan baru ngeh sih, tapi baru memaknai. Lo gabisa maksa orang itu harus begini , orang itu harus begitu sesuai kemauan lo. Sama halnya kayak orang nembak gebetannya , terus gebetannya itu nolak lalu jauhin dia. Orang itu marah-marah minta gebetannya itu jangan jauhin dia. Nah , bisa ngga tuh gebetannya itu bener ga ngejauhin? Rada sulit. Banget. Sama aja kayak yg gue ceritain diatas. Lo maksa orang harus bisa membuka pembicaraan ke orang yang belum terlalu kenal... bukan lah , maksudnya ngga terlalu deket, tapi orang itu tuh dasarnya yaa butuh waktu yang lama supaya bisa dekat, lo tetep maksa secepat kilat sedetik itu langsung deket? engga kan? Lagi proses. Butuh waktu. Biarkan aja waktu itu berjalan.
  • Gue belajar soal yang namanya kerja sama dalam satu teamwork. Satu bermasalah , semua bakal bermasalah. Jadi yaa... kalo ada satu yang nggak srek duluan sama orang di satu teamworknya , atau ada masalah di tugasnya , atau ada masalah di lapangannya , ya ngomong toh jangan dipendem. Selesaikan.
  • Yang terakhir. Gue banyaaak banget belajar hargai orang lain , profesional-lah walaupun lo sendiri punya segudang masalah pribadi , apalagi yaa...
Terlalu banyak pelajaran hidup yang bisa lo ambil ketika lo bisa bantu orang lain. Cobain :)

4 comments:

  1. "Sama halnya kayak orang nembak gebetannya , terus gebetannya itu nolak lalu jauhin dia. Orang itu marah-marah minta gebetannya itu jangan jauhin dia. Nah , bisa ngga tuh gebetannya itu bener ga ngejauhin? Rada sulit. Banget." laugh so hard.

    ReplyDelete
    Replies
    1. psssstt... ntar ketahuan :p you know what i mean lah~

      Delete
    2. gpp, biar dunia maya tahu ._.

      Delete
    3. -_____- iyalah del. udah tau juga kok

      Delete